Waspadai Kejatuhan Satelit Phobos-Grunt

Share this history on :
Satelit Phobos-Grunt
Jakarta: Mulai hari ini (9/1) hingga 20 Januari mendatang, masyarakat harus mewaspadai kemungkinan jatuhnya satelit Phobos-Grunt milik Rusia di wilayah Indonesia. Pasalnya, material satelit yang akan jatuh diperkirakan mencapai 200 kilogram.

Phobos-Grunt merupakan satelit yang diuncurkan untuk mengambil sampel tanah dan bebatuan di salah satu bulan milik Mars, yaitu Phobos. Sayangnya, setelah diluncurkan pada 8 November silam, wahana satelit ternyata mengalami kerusakan alat navigasi sehingga tidak bisa menlanjutkan perjalanan.

Akibatnya, satelit tersebut menjadi ancaman baru bagi bumi karena bisa jatuh di mana saja, termasuk di Indonesia. Diperkirakan, Phobos-Grunt melintasi wilayah Indonesia 9-20 Januari terutama pada pukul 03.00 hingga 05.00 WIB atau pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.

Berat yang mencapai 200 kilogram itu mengandung material anti panas. Ketika memasuki atmosfer bumi, material satelit akan bergerak sangat cepat disertai suara menggelegar.

Untuk mengetahui kondisi satelit yang melintasi langit Indonesia, warga bisa membuka website Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan). Selain itu, warga juga diminta untuk menghubungi pihak kepolisian atau Lapan jika mendapati benda yang mirip dengan material satelit.

Warga diimbau untuk tidak menyentuhnya karena material mengandung senyawa kimia berbahaya seperti dimetil hidrazin yang akan membuat kulit melepuh seperti terbakar. Namun, semoga saja Phobos-Grunt tidak terjatuh di Indonesia serta tidak menyebabkan kerusakan dan menelan korban jiwa. (*)

sumber : metrotvnews.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna