Mobil Esemka Jalani Uji Emisi Pekan Ini

Share this history on :
Solo, (tvOne).

Mobil Kiat Esemka yang popularitasnya melonjak setelah dipakai sebagai mobil dinas selama dua hari oleh Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) yang dirakit oleh para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Solo Raya, dalam minggu ini akan menjalani uji emisi di Jakarta.

Kedua mobil rakitan para pelajar SMK itu sebenarnya merupakan generasi yang ketiga. Jadi sudah lebih bagus dibanding yang dirakit pertama dan kedua, kata Wali Kota Surakarta Joko Widodo di sela-sela menerima kunjungan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Eko Nugroho Roto Rasito di Loji Gandrung rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa, (10/1).

"Maunya kedua mobil yang akan dilakukan uji emisi ke Jakarta ini akan saya bawa sendiri bersama Pak Rudy, tetapi karena surat-suratnya belum keluar kemungkinan nanti akan dinaikan truk untuk ke Jakartanya," kata Jokowi sambil menambahkan bahwa mobil yang dirakit oleh para siswa SMK ini komponennya 80 persen buatan lokal dan sisanya impor.

Menyinggung mengenai tentang investor, Jokowi mengatakan semua boleh masuk. "Silahkan kalau ada yang mau menjaid investor yang mempunyai uang dan bisa membangkitkan rasa kebanggaan bangsa ini," katanya.

Jokowi mengatakan, untuk investor memang sementara ini sudah banyak yang berminat, tetapi juga belum bisa diumukan sekarang karena masih dalam perhitungan. "Untuk menentukan investor ini perlu pemikiran yang matang dan memang sekarang ini waktunya yang tepat untuk membangkitkan produk-produk anak bangsa".

Menyinggung mengenai yang inden untuk membeli mobil tersebut Jokowi, mengatakan jumlahnya sudah cukup banyak mencapai 2.000 unit lebih, diantaranya pesanan dari Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo memesan 30 unit, Kosgoro 40 unit dan lain-lain.

Ketua KNPI Taufan Eko Nugroho Rata Rasito mengatakan bahwa sebagai generasi muda sangat bangga atas karya para pelajar SMK di Solo Raya yang telah mampu merakit mobil sendiri yang kondisinya juga tidak kalah dengan mobil buatan luar negeri.

"Kami tadi mencoba rasanya tidak seperti yang saya bayangkan ketika masih di Jakarta. Setelah kami mencoba enak dan bagus sudah layak dijual, dan kalau boleh saya akan beli sekarang juga untuk dibawa ke Jakarta dipamerkan kepada pemuda-pemuda di sana," katanya.

Mobil rakitan pelajar SMK Solo Raya yang dijual di bawah harga Rp100 juta per mobil, terbilang murah kalau kondisinya seperti ini. KNPI pesan satu unit dan Karangtaruna satu unit. Setelah nantinya diproduksi masal dihimbau seluruh DPD KNPI Se Indonesia memakai mobil tersebut.

Menyinggung mengenai Bakrie Group apakah ada minat untuk menjadi investor mobil Kiat Esemka, Taufan mewakili Bakrie Group mengatakan kalau nanti hitung-hitungannya masuk pasti menanamkan modalnya di usaha ini. "Kami kesini memang belum memikirkan itu dan masih melihat dan ini ke Solo untuk menunjukkan kepada generasi muda bangsa ini juga mempunyai kemampuan luar biasa dan ini harus diapresiasi agar ke depan bisa lebih baik lagi," katanya. (Ant)

tvonenews.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna