Ular Kobra Putih Ditemukan di Kantor KUA Situbondo

Share this history on :
Ghazali Dasuqi - detikSurabaya

Kobra Putih

Situbondo - Seekor ular kobra menghebohkan warga sekitar Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Ular dengan panjang 1,25 meter itu ditemukan melata di halaman samping kantor yang berlokasi di pinggir jalan raya Kapongan itu.

Khawatir menggigit warga, ular kobra putih itu akhirnya ditangkap oleh Zainul Arifin (38), staf KUA setempat. Kini hewan berbisa itu disimpan dalam sebuah akuarium kaca dan dipajang di halaman kantor KUA. Banyak warga yang datang untuk melihatnya dari dekat.

"Ular ini terbilang unik dan langka. Baru kali ini saya melihat ada kobra berwarna putih," kata Zainul Arifin kepada detiksurabaya.com, Jumat (27/1/2012).

Ular kobra putih itu keluar dari sebuah lubang di pojok tempat parkir KUA pada Kamis (26/1/2012) sore. Sehingga banyak staf KUA yang sudah pulang. Zainul yang akan pulang terkejut melihat ada kobra.

Seketika itu warga Desa Sambirampak, Kecamatan Kapongan, Situbondo, itu berusaha menangkap reptil tersebut. Menurut Zainul, tidak mudah menangkap ular kobra putih tersebut.

"Ularnya ganas dan pintar. Bagian atas kepalanya disentuh justru menyerang, bukannya menunduk,” kata Zainul.

Zainul baru berhasil menangkap ular, setelah lebih dulu mengelus-elus bagian kepalanya dengan kain. Begitu ular cobra putih itu diam, tangan Zainul pun dengan cepat menangkapnya.

"Sementara ini saya akan memeliharanya untuk koleksi. Kalau pakannya tidak susah, kodok atau kadal juga dimakan," tutur alumnus Ponpes Sukorejo Situbondo itu.

Dimungkinkan masih ada ular kobra lainnya yang diyakini pasangan ular yang tertangkap. Sebab, tak jauh dari lokasi tertangkapnya ular itu, Zainul mengaku menemukan selongsong kulit ular kobra putih yang ukurannya lebih besar.

"Kalau nanti sudah tertangkap semua, ular ini akan saya lepas di hutan biar berkembang biak. Karena ular cobra putih ini cukup langka. Tidak akan saya jual," tandas Zainul.

Informasi yang dihimpun, ular kobra putih juga pernah ditemukan di Kampung Depok, Kelurahan Munjul, Kecamatan Majalengka, Jawa Barat, Rabu 27 April 2011. Ular Kobra putih ini lumayan cukup besar dengan panjang kurang lebih 2,6 meter.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna