Mobil Esemka Dilepas bak Pengantin Menuju Jakarta

Share this history on :
Liputan Menarik, SOLO - Wali Kota Solo Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi mengaku siap membuat sejarah baru dengan mengantarkan mobil Esemka menjadi mobil nasional. Sebelum berangkat ke Jakarta untuk menjalani uji emisi, Esemka menjalani prosesi siraman layaknya pengantin baru.

"Kota Solo pernah membuat sejarah otomotif pertama di Indonesia. Dimana mobil merek Benz Phaeton,menjadi mobil pertama kali di Indonesia yang dikemudikan Pakubuwono X pada tahun 1894. Dan mobil Esemka ini akan mengikuti jejaknya menjadi mobil nasional pertama yang mampu diciptakan bangsa sendiri," jelas Jokowi, kepada Okezone, usai prosesi Jamasan mobil Esemka, di Solo Techno Park,Kamis (23/2/2012).

Menurut Jokowi, kebanggaan mengulang sejarah dengan mengantarkan mobil Esemka ini menadi mobil nasional, bukan tanpa alasan. Pasalnya, mobil pertama yang dikemudikan Pakubuwono X, Benz Phaeton, hanya di miliki 4 negara. Salah satunya Kota Solo.

"Apalagi, mobil ini dibuat oleh generasi muda Indonesia, tanpa adannya campur tangan pihak ketiga, yang membuat mobil Esemka ini sangat istimewa seperti halnya Benz Phaeton yang dikemudikan Pakubuwono X hanya dimiliki 4 negara dan menjadi mobil pertama di Indonesia," ungkapnya.

Ditambahkan Jokowi,semangat juang yang ditunjukan para siswa ini membuat perjalanan uji emisi ke Jakarta menjadi sangat berharga. Meskipun sempat mengalami penundaan berkali-kali, namun keberangkatan mobil Esemka untuk menjalani uji emisi, bukan didasari atas belas kasihan atau mengiba pada pemerintah. Melainkan, mobil Esemka ini memang pantas dilakukan uji emisi.

"Kita ke Jakarta buka karena kita mengiba-iba atau meminta belas kasihan dai pemerintah untuk segera dilakukan uji emisi. Tapi,kita ke Jakarta karena memang mobil hasil produksi siswa SMK ini layak untuk dilakukan uji emisi," pungkasnya.

Jelang uji emisi di Jakarta, pemerintah Kota Solo dan tokoh agama menggelar ritual jamasan atau memandikan mobil Kiat Esemka dengan air kembang, Kamis malam. Mereka juga memanjatkan doa bersama. Prosesi ini dilakukan layaknya siraman seorang pengantin.

Tujuannya, agar Esemka selamat sampai tujuan. Prosesi diawali denga hadirnya penari yang kemudian melakukan ritual jamasan dengan menyiramkan air kembang ke mobil. Jamasan ini dilanjutkan oleh Wali Kota solo Jokowi yang kemudian dilanjutkan Wakil Wali Kota dan Sukiat sebagai rekanan mobil Esemka.

Direncanakan mobil Esemka ini akan berangkatkan besok hari menuju Jakarta untuk. Anggota rombongan antara lain Jokowi, FX Hadi Rudyatmo, Sukiat dan tim teknisi mobil.

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna