Ikan Aneh Gemparkan Warga Bone

Share this history on :
Puluhan nelayan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan berhasil menangkap ikan raksasa di muara Sungai Mare. Ikan dianggap aneh, lantaran ikan jenis itu baru pertama kali ditemukan oleh nelayan di Desa Ujung Salangketo.

Menurut Kapolsek Mare, AKP Jasahardi, peristiwa penangkapan ikan tersebut menggemparkan warga yang kemudian  beramai-ramai mendatangi pinggir sungai. Mereka ingin menyaksikan langsung ikan yang selama ini dianggap misteri dan memiliki ukuran yang tidak biasa itu.

"Bayangkan ikan memiliki berat 400 kg, panjang 290 centimeter, lebar 65 cm dan lingkaran perut 160 cm," kata AKP Jasardi yang dihubungi VIVAnews.com dari Makassar, Selasa 17 Januari 2012.

Polisi yang mendatangi lokasi kejadian langsung mengabadikan ikan raksasa tersebut. Tapi sayang, sesaat setelah diabadikan ikan itu dibelah dan dibagi-bagikan kepada warga. "Entah akan dimakan atau hanya ingin mengambil bagian tubuh ikan tersebut," tambah Jasardi.

Ia menceritakan, ikan tersebut memang dikejar-kejar para nelayan setempat sejak bulan Desember. Bahkan dalam dua hari ini, nelayan bersama polisi setempat melakukan pencarian secara beramai-ramai. Para nelayan marah atas keberadaan ikan misteri yang kadang mengganggu rumput laut dan perahu mereka.

"Nelayan mengaku resah dan takut sebab ada yang hingga perahunya bocor karena diseruduk ikan tersebut serta budidaya rumput laut mereka dirusak," urai Jasardi.

Sejak itu, warga mulai mempersenjatai diri setiap akan melaut. Pada Senin, 16 Januari, salah seorang nelayan H Juma, kembali turun melaut. Rupanya, H Juma yang ditemani anaknya memancing ini kembali diserang. Nelayan berumur 50-an tahun itu kemudian menombak ikan di bagian kepala sebanyak tiga kali.

Ikan tersebut rupanya langsung mati dan tenggelam di kedalaman 4 meter di muara tersebut. "Setelah dipastikan mati, nelayan baru menarik ikan tersebut ke daratan," ujarnya.

Sementara berdasarkan dugaan sementara, ikan yang dianggap misteri tersebut adalah ikan duyung. Pasalnya, pihak kepolisian yang langsung mengambil gambar ikan di TKP langsung mencocokkan dengan jenis-jenis ikan di internet. "Mirip dengan ikan duyung," tegas AKP Jasardi. (umi)
• VIVAnews
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna