Salip Komodo, Puerto Princesa Resmi Juara

Share this history on :
Puerto princesa
Elin Yunita Kristanti - vivanews
 
Menyusul langkah Pulau Jeju, jagoan Filipina dalam ajang tujuh keajaiban alam baru dunia, New7Wonders, sungai bawah tanah Puerto Princesa telah terkonfirmasi menjadi juara.

Di Manila, pendiri sekaligus pimpinan New7Wonders, Bernard Weber, mengucapkan selamat pada rakyat Filipina yang memberikan dukungannya pada finalis ajang kampanye global itu.

"Saat Presiden Aquino (Benigno Aquino) mendukung kampanye, saat itu saya yakin, negeri ini memperlakukan ajang New7Wonders of Nature secara serius," kata Weber dalam surat elektronik yang diterima VIVAnews.com, Sabtu 28 Januari 2012.

Tak hanya di dalam negeri, tim kampanye Filipina juga mengimbau warganya di luar negeri untuk memberi dukungan. "Fans Puerto Princesa di seluruh dunia menanggapi ajakan kampanye, dan bertindak. Dan konfirmasi ini adalah imbalan bagi antusiasme yang luar biasa itu," tambah dia.

Walikota Puerto Princesa, Edward Hagedorn menyambut baik pengumuman itu. "Konfirmasi ini adalah kabar berita bagus untuk Puerto Princesa, juga contoh baik, yang menggambarkan, betapa menyenangkannya untuk berada di Filipina," kata dia.

Sungai bawah tanah Puerto Princesa berada 50 kilometer dari Kota Puerto Princesa, di Pulau Palalawan. Kawasan ini terdiri dari pegunungan kapur dengan landscape sepanjang 8,2 km. Sungai bawah tanah di taman nasional ini diklaim menjadi yang terpanjang di dunia.

Banyak stalagmit dan stalagtit yang unik di tempat ini. Selain itu, banyak terdapat ruangan dalam ukuran yang besar. Mulut gua dihiasi pepohonan tua. Kera, kera besar, dan tupai banyak ditemukan di tempat ini.

Sebelumnya, New7 Wonders mengumumkan tujuh pemenang sementara, yakni Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Puerto Princesa Underground River, Table Mountain, dan jagoan Indonesia Pulau Komodo.

Baru dua yang terkonfirmasi, sisanya masih menunggu. Ada tiga langkah dari proses verifikasi, validasi yaitu perhitungan suara nasional, perhitungan suara konfirmasi global dengan sebuah perusahaan audit independen, dan persiapan dan pelaksanaan inagurasi.

Sebelumnya, duta untuk Komodo, Jusuf Kalla yakin Komodo akan lolos verifikasi. "Saya yakin, kita tidak ada soal dalam verifikasi tersebut, karena jumlahnya cukup besar," kata Kalla di Yogyakarta, Sabtu 19 November 2011.


Kalla akan menggalang pengusaha-pengusaha nasioanal untuk investasi guna membangun infrastruktur yang mendukung di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. "Kami akan mendorong teman-teman pengusaha bersama-sama untuk berinvestasi dan membangun infrastuktur yang baik di Flores, NTT," imbuhnya
 
• VIVAnews
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna