Berkat Aplikasi ‘Mata-mata’, Laptop Hilang Bisa Kembali

Share this history on :
Berkat aplikasi yang ‘ditanam’ di laptop, seorang pria California menemukan gadget kesayangannya kembali setelah sebelumnya digasak maling.
Adalah Joshua Kaufman, si pemilik MacBook yang mengalami kecurian di apartemennya yang berlokasi di Oakland, California. Laporan yang ia lakukan ke polisi dirasanya kurang bisa membantu setelah polisi mengaku kekurangan sumber daya manusia untuk menangkap si maling. Alih-alih menyerah dan merelakan laptopnya begitu saja, Kaufman pun punya trik tersendiri untuk menemukan kembali laptopnya.
Beruntung, Kaufman pernah mendownload sebuah aplikasi bernama Hidden di komputernya. Aplikasi ini berguna untuk melacak lokasi piranti dan mengambil gambar dari kamera in-builtnya tanpa disadari oleh pencuri. Dan ternyata aplikasi itu berjalan dengan baik. Setelah beberapa hari pengaktivan program tersebut, Kaufman akhirnya berhasil mengumpulkan sejumlah informasi tentang si maling, termasuk foto, akun Facebook, tempat ia bekerja, alamat email, dan yang pasti alamat di mana si maling tinggal.
Tak ingin berlama-lama, Kaufman juga memposting informasi yang ia dapatkan di akun Tumblr dengan nama ‘The Guy Has My MacBook’. Kaufman mempublish pula foto-foto yang ditangkap aplikasi Hiddenapp.com itu, termasuk foto saat si pencuri sedang tidur di sofa dan ketika ia sedang mengendarai mobil. Dalam waktu singkat, para pembaca telah meng-share blog tersebut di situs Twitter dan Facebook sehingga menjadi pembicaraan hangat. Akibatnya, pihak berwenang mendengar dan menanggapi kasus itu. Merekapun berhasil menemukan keberadaan si pencuri kemudian meringkuknya.
Kaufman bukanlah korban pertama yang menemukan barangnya kembali lewat bantuan media sosial. Sebelumnya, seorang pria Kanada bernama Sean Parke pernah melakukan live-tweet mengenai pengalamannya dalam menemukan laptop miliknya melalui bantuan program mata-mata bernama Prey.

sumber: http://ictwatch.com/internetsehat/2011/06/06/berkat-aplikasi-mata-mata-laptop-hilang-bisa-kembali/
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna