Baju Berdarah Khadafi Dilelang Rp17,9M

Share this history on :
Fajar Nugraha
Moamar Khaddafi (Foto: AFP)
TRIPOLI - Baju yang penuh dengan darah dan cincin pernikahan yang digunakan oleh mantan pemimpin Libya Moammar Khadafi, saat dibunuh oleh pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC), dilelang dengan harga USD2 juta atau sekira Rp17,9 M (Rp8.974 per USD).

Mantan pemimpin Libya selama hampir 41 tahun tersebut menggunakan cincin perak dan pakaian berlumuran darah saat dirinya ditarik dari parit di dekat kampung halamannya Sirte. Saat itu Khadafi dipukuli oleh pasukan NTC dan pada akhirnya ditembak mati.

Seorang warga Libya yang memegang dua benda penting ini ternyata mengajukan penawaran lelang terhadap benda bersejarah tersebut. Ahmed Warfali pun meminta uang USD2 juta atau Rp17,9 miliar kepada siapa pun yang ingin memiliki kedua benda itu.

Warfali pun yakin bisa mendapatkan nilai yang lebih besar lagi bila dijual ke Eropa. Situs ArabsToday memperlihatkan cincin yang bertuliskan tanggal pernikahan Khadafi dengan sang Istri Safia pada 10 Sepetember 1970 silam.

Tetapi banyak kritik yang menilai Warfali seharusnya tidak menjual kedua benda itu. "Cincin itu bukan milik Khadafi. Itu dibeli dari uang rakyat Libya dan orang ini (Warfali) seharusnya tidak menjual uang itu," ucap seorang warga Zintan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (3/2/2012).

Hingga kini belum ada penawaran yang diajukan kepada dua benda milik Khadafi tersebut. Bisa jadi kolektor benda bersejarah mengincar kedua barang yang dikenakan oleh Khadafi menjelang kematiannya.
(faj)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna