Tarian Setan Sambut Bulan Kasih Sayang

Share this history on :
Mutya Hanifah - Okezone
Karnaval Oruro, Bolivia (Foto: photone)
BULAN Februari identik dengan bulan penuh cinta lewat perayaan Valentine. Masih banyak perayaan lain di seluruh dunia yang tak kalah unik.

Apa sajakah festival dan perayaan di penjuru dunia yang ada di bulan kasih sayang ini? Simak ulasannya seperti dikutip Lonelyplanet, Rabu (1/2/2012):

Karnaval Oruro, Bolivia

Karnaval Oruro adalah perayaan keagamaan yang sudah berusia lebih dari 2.000 tahun. Festival ini terbagi dalam lebih dari 48 set dengan 18 tarian tradisional spesial yang dipertunjukan di kuil-kuil setempat di Bolivia. Pertunjukan utamanya La Diablada atau tarian setan dengan kostum berwarna-warni. Festival berlangsung 10 hari sejak 22 Februari.

Pekan Art Deco, Selandia Baru


Saat Tanjung Hawkes di Kota Napier, Selandia Baru, hancur akibat gempa bumi pada 1931, bagian kota ini dibangun kembali dengan gaya Art Deco, sebuah gaya hias yang lahir setelah Perang Dunia I dan berakhir sebelum Perang Dunia II. Gaya ini diterapkan pada banyak bidang, misalnya eksterior, interior, mebel, patung, poster, pakaian, perhiasan dan lain-lain dari 1920 hingga 1939.

Sejak itu, Napier menjadi salah satu kota Art Deco terbaik di dunia, dan untuk memeringatinya, dihelat pekan Art Deco setiap tahun pada pekan ketiga Februari. Pekan ini berisi pesta makanan, tarian, dan musik dimana jalan-jalan dipenuhi kendaraan-kendaraan antik.

Festival Nasional Jenadriyah, Arab Saudi


Festival ini digelar di sebuah situs spesial yang terletak 45 kilometer sebelah timur laut kota Riyadh. Festival ini merupakan sebuah acara yang mempromosikan kesenian dan kebudayaan tradisional.

Festival dibuka dengan balap unta yang diikuti 2000 partisipan dalam jalur balap sepanjang 19 kilometer. Festival ini paling berwarna di Arab Saudi, dan sayang bila dilewatkan karena menampilkan lebih dari 50 tarian tradisional dan musik khas Arab Saudi. Festival ini berlangsung akhir Februari hingga awal Maret.

Festival Abu Simbel, Mesir

Festival ini merayakan dua hari dalam setahun dimana cahaya matahari menyinari bagian dalam Abu Simbel, kuil dari Ramses II di Mesir. Kuil ini didesain sedemikian rupa sehingga pada saat dua hari di Februari dan Oktober, sinar matahari dapat masuk dan menyinari empat dewa Mesir di kuil tersebut, dewa Ptah, Amun-ra, Ramses dan Re-Horakhty. Festival dilaksanakan pada 22 Februari dan Oktober.

Festival Bunga Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai, Thailand, dikenal sebagai kota mawar. terutama Februari, ketika bunga ini mencapai musim mekarnya. Karena itulah, setiap pekan pertama Februari, Festival Bunga Chiang Mai dibuka. Kota Chiang Mai akan dipenuhi bunga, terutama chrysanthemum kuning putih dan mawar damask, spesies yang hanya ditemukan di Chiang Mai. Fokus utama festival terdapat di Taman Suan Buak Haad. Area sekitar taman ditutup untuk kendaraan bermotor, diganti deretan penjual bunga.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna