Olahraga Membuat Otak Lebih Cerdas

Share this history on :
BEROLAHRAGA dapat meningkatkan kebugaran tubuh dengan cara memperkuat kinerja otot agar kebal terhadap penyakit.

Kegiatan berolahraga juga merangsang kelahiran mitokondria baru dalam otot. Mitokondria adalah struktur dalam sel yang memproduksi energi bagi tubuh. Proses ini meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi resiko obesitas.

Para peneliti dari University of South Carolina menemukan berolahraga juga dapat memperkuat kinerja otak sehingga membuat Anda menjadi lebih cerdas.

Cukup dengan jogging singkat atau berolahraga dengan treadmill dapat merangsang aktivitas produksi sel-sel otak. Dengan begini, otak pun dapat bekerja dengan lebih cepat dan lebih efisien.

“Kami menemukan semakin banyak fakta yang membuktikan bahwa berolahraga juga dapat membuat otak semakin muda,” ungkap Dr Mark Davis, pimpinan riset ini.

Seperti dituturkan Davis pada Scientific American, dalam jangka pendek berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada otak dan mempertajam daya ingat. Produksi mitokondria secara terus-menerus juga menjadi tameng untuk melawan penurunan kinerja otak yang berkaitan dengan penuaan, seperti Alzheimer.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja otak lewat berolahraga?
Seperti dikutip Daily Mail, Davis menjawab cukup 30 menit saja dan produksi mitokondria dalam otak pun semakin meningkat.

Penelitian yang dimuat di The Journal of Applied Physiology ini juga menemukan koneksi setiap sel dalam otak semakin kuat dan menghasilkan ‘sinyal’ yang dapat yang meningkatkan kinerja otak.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : rhyanmawo@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
cyb3rThanks For Visiting Gunakanlah Google Chome Untuk Tampilan Sempurna